Berita

“PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA”

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

“PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN

PENYALAHGUNAAN NARKOBA”

KELURAHAN SUKOLILO BARU, SURABAYA

Fakultas Psikologi bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Hang Tuah Surabaya dan Yayasan Orbit Surabaya dalam menyelenggarakan Sosialisasi dan Focus Group Discussion mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba pada hari Rabu tanggal 18 April 2018 di Kelurahan Sukolilo Baru, Surabaya.

Peserta diajak untuk menyaksikan beberapa video mengenai pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba dari BNN dan poster hasil karya mahasiswa Fakultas Psikologi. Pada setiap tayangan video, pembicara juga menjelaskan mengenai apa saja faktor-faktor yang turut berperan menyebabkan korban untuk memutuskan menyalahgunakan narkoba, bagaimana faktor-faktor tersebut secara tidak sadar mempengaruhi cara berpikir, perasaan, sikap, dan perilaku korban, bagaimana cara mengenali atau mendeteksi dini korban penyalahgunaan narkoba, dan kemudian tindakan apa yang sebaiknya dilakukan sebagai lingkungan terdekat.

            Untuk mewadahi cerita mengenai pengalaman yang lebih mendalam, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu remaja dan dewasa awal. Masing-masing kelompok didampingi oleh dua orang fasilitator. Peserta tampak antusias dan terbuka dalam menceritakan pengalamannya, bagaimana mereka ditawarkan untuk menggunakan narkoba, bagaimana cara mereka menolak, dan menegur teman-temannya yang menawarkan narkoba. Kegiatan tersebut ditutup oleh Ketua Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Kemudian diakhiri dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *