PSIKOLOGI MENGAJAR

Psikologi mengajar merupakan salah satu program kerja dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), yang dibawahi oleh Kementerian Sosial dan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pendampingan belajar-mengajar pada anak-anak di sekitar kampus. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membentuk kepedulian para mahasiswa-mahasiswi, agar mereka dapat belajar peduli dengan masyarakat sekitar yang kurang mendapatkan pendidikan. Selain itu, ada pula tujuan-tujuan lain yang diharapkan dapat tercapai melalui kegiatan ini, yaitu:

  1. Untuk menumbuhkan rasa cinta, peduli, dan jiwa sosial pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya kepada masyarakat.
  2. Sebagai sarana edukasi bagi para mahasiswa-mahasiswi terkait dengan penerapan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan.
  3. Sebagai sarana bagi para mahasiswa-mahasiswi untuk menyalurkan jiwa sosial.
  4. Untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak di desa yang menjadi lokasi dilaksanakannya program ini.

Psikologi Mengajar diselenggarakan setiap hari Minggu selama dua setengah bulan dengan konsep, panitia, dan tempat yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2016 psikologi mengajar diselenggarakan di desa Kejawan Lor Kenjeran Surabaya. Kegiatan yang dilakukan dengan adik-adik yaitu belajar sambil bermain bersama, kunjungan ke Tugu Pahlawan (mengenal monument khas Surabaya), dan melakukan penutupan di Taman Prestasi.