PSYCHO LEADER ORIENTATION & PSYCHO LEADER CAMP

Psycho Leader Orientation (PLO) dan Psycho Leader Camp (PLC) adalah serangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Orientasi mahasiswa baru dilakukan melalui kegiatan PLO dan PLC untuk memperkenalkan Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya dan ilmu psikologi kepada mahasiswa baru dengan kegiatan-kegiatan yang lebih menyenangkan dan seru. Serangkaian orientasi mahasiswa baru ini diawali dengan kegiatan PLO yang diselenggarakan selama satu setengah bulan di dalam kampus Universitas Hang Tuah Surabaya.

Di awal pembukaan kegiatan PLO mahasiswa baru akan disambut hangat oleh panitia, dekan, dosen, staf, dan juga Dewa Eros dan Dewi Psyche yang merupakan icon Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Kemudian, mereka akan diperkenalkan dengan fakultas barunya, mulai dari letak dan fungsi setiap ruangan dan unit, fasilitas-fasilitas yang tersedia, dosen-dosen yang mengajar, dan staf-staf yang ada di Fakultas Psikologi. Selain itu, mereka juga mulai diperkenalkan dengan ilmu psikologi yang akan mereka pelajari di bangku kuliah. Agar tidak jenuh dan membosankan, panitia telah menyiapkan games-games seru yang didesain khusus berdasarkan teori-teori psikologi.

Games-games ini tidak hanya diperuntukkan untuk bermain dan bergembira bersama saja, tapi juga dapat mengasah kemampuan kepemimpinan, kerjasama tim, pengaturan strategi, konsentrasi, ketelitian, dan komunikasi yang membuat mereka semakin mengenal dan akrab dengan teman-temannya sesama mahasiswa baru. Meskipun tidak semua mahasiswa baru berasal dari sekolah atau daerah yang sama, bahkan ada yang baru saling mengenal saat orientasi, mereka tampak sangat menikmati, antusias, bersemangat, dan tidak malu-malu saat bermain games. Tidak hanya diperkenalkan dengan Fakultas Psikologi dan Ilmu Psikologi, mahasiswa baru juga diberikan kesempatan untuk berkreasi dengan menyelenggarakan acara malam keakraban atau yang lebih dikenal dengan istilah makrab. Di acara makrab mereka dapat menunjukkan kebolehan dan persembahan spesial mereka yang dikemas secara menarik seperti acara pentas seni.

Setelah serangkaian kegiatan PLO selesai dilakukan, orientasi mahasiswa baru akan dilanjutkan dengan kegiatan PLC. Kegiatan PLC diselenggarakan selama tiga hari dua malam di luar kota, di daerah-daerah yang biasa digunakan untuk melakukan outbound, seperti daerah Trawas, Mojokerto. Kegiatan PLC ini dimulai dengan melakukan senam bersama di pagi hari dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan outbound yang tidak kalah seru dengan kegiatan PLO. Selain outbound, mereka juga diajak untuk berbagi kepada masyarakat sekitar melalui kegiatan bakti sosial dengan menanam bibit-bibit tanaman di sekitar rumah warga. Sebagai penutup, mereka akan melakukan renungan bersama sebagai wujud syukur bahwa orientasi mahasiswa baru telah berjalan dengan baik.